google addsense

Rabu, 13 Februari 2008

TV LAYAR DATAR

Terdapat empat teknologi yang dapat digunakan untuk membuat TV layar datar yang besar. Teknologi tersebut akan dijelaskan di bawah ini :

LCD ( Liquid Crystal Display )
LCD memiliki kemampuan untuk merubah koefisien transmisi cahaya dari liquid crystal . Pada umumnya lampu fluorescent yang kecil diletakkan dibelakang dari layar sebagai sumber cahaya. Kekuatan dari cahaya yang ditransmisikan dimodulasikan untuk menampilkan text , graphics dan informasi lainnya. LCD pada saat ini diproduksi secara massal dari berukuran beberapa inchi sampai puluhan inchi. Untuk ukuran diatas 40 inchi penggunaannya tidak praktis hal ini dikarenakan pertimbangan ekonomis.

PDP ( Plasma Display Panel )
PDP bekerja mirip seperti lampu fluorescent hanya saja ukurannya yang jauh lebih kecil. Pada layar PDP terdapat “lampu fluorescent “ berukuran sangat kecil yang berjumlah banyak. Dimana didalamnya terdapat gas yang akan diberi muatan. Gas ini bila bermuatan akan membangkitkan sinar UV yang akan membuat fosfor berpendar. Informasi gambar ditampilkan dengan mengatur sel lampu yang mana yang harus diaktifkan. PDP sangat berpotensial sebagai metoda untuk diproduksi massal pada pembuatan TV layar datar yang berukuran lebih dari 40 inchi.

FED ( Field Emission Display )
FED memiliki deretan katoda field-emission yang banyak pada layar. Katoda tersebut akan memancarkan sinar elektron yang akan mengaktifkan fosfor. Secara umum dapat digambarkan FED terdiri dari layar tv tabung yang banyak sekali dan berukuran kecil yang terdapat di layar. Untuk pembuatan FED dibutuhkan teknologi semiconduktor yang tinggi hal ini diperlukan untuk membuat suatu panel katoda yang berukuran sangat kecil.

ELD ( Electoluminescent Display )
ELD pada saat ini memasuki tahap pengembangan dimana teknologi memanfaatkan fenomena yang disebut electrolumenescence yang muncul ketika sebuah fosfor diletakkan pada suatu medan listrik yang sangat kuat. ELD berukuran 10 inchi yang memancarkan cahaya kuning telah ada di pasaran.Pada saat ini para peneliti berusaha untuk mengembangkan ELD yang multi color .

Tidak ada komentar: