google addsense

Rabu, 13 Februari 2008

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KUALITAS MONITOR

Monitor adalah satu-satunya perangkat keras yang berhadapan langsung dan menjadi pusat perhatian apabila seseorang menggunakan komputer. Untuk itu sebuah monitor dituntut untuk dapat memberikan kenyamanan bagi pemakainya semaksimal mungkin. Karena dengan kenyamanan itu si pemakai akan betah duduk lama di depan komputer. Untuk mendapatkan citra atau gambar yang berkualitas dari sebuah monitor, diperlukan atau ditentukan oleh perangkat tambahan atau faktor lain pada monitor antara lain :

1. Adapter Video

Fungsi dari adapter video adalah untuk mengambil data dari CPU dan mengkonversikannya dari bentuk digital menjadi sinyal yang akan disalurkan melalui kabel penghubung ke monitor. Adapter video telah berkembang cukup lama yaitu :
a. MDA (Monochrome Display Adapter),warna monokrom,resolusi 80x25,teks
b. CGA (Color Graphics Adapter),teks/grafik,320x200 pixel.
c. VGA (Video Graphics Array),teks/grafik,resolusi max 720x400 pixel.
d. SVGA (Super Video Graphics Array),resolusi max 1024x768 256 warna.
e. XGA ( Extended Graphics Adapter),resolusi lebih dari 1024x768

2. Resolusi Layar Monitor

Resolusi menunjukkan jumlah pixel vertikal dan horizontal. Semakin banyak jumlah piksel maka semakin tinggi resolusinya. Semakin tinggi resolusi maka semakin baik kualitas gambar yang ditampilkan di layar monitor. Namun perlu diperhatikan bahwa resolusi yang dimiliki layar monitor harus didukung oleh adapter video. Contohnya ialah monitor SVGA 1024x768 harus didukung oleh adapter video yang dapat menampilkan resolusi 1024x768. Karena jika tidak didukung maka gambar tidak akan muncul di layar monitor.

3. Dot Pitch

Dot Pitch merupakan jarak antara dua pixel. Semakin besar nilai Dot Pitch maka kualitas gambar akan menurun.

4. Vertical Scan Rate (Refresh Rate) dan Horizontal Scan rate

Refresh rate merupakan satuan berapa banyak pancaran elektron dari posisi awal pada tabung monitor di paling kiri atas monitor untuk menscan seluruh area pada tabung monitor.
Semakin cepat nilai Refresh rate maka kualitas gambar akan semakin baik.

Tidak ada komentar: