google addsense

Selasa, 12 Februari 2008

KONSTRUKSI COMPACT DISK

Mekanisme penyimpanan pada Compact Disc ialah menggunakan lapisan informasi dimana terkandung didalamnya terdapat “pits”. Pits merupakan depresi pada permukaan CD dengan kedalaman 0,2 um; lebar 0,5 um ; dan panjang bervariasi tergantung jumlah bit yang tersimpan - dimana tiap bit direpresentasikan dengan pertambahan panjang sebesar 0,278 um. Area pada lapisan permukaan CD yang bukan pits disebut “land”.

Tiap byte informasi yang diproses dikonversi menjadi 14 bit konde run-length-limited yang berdasarkan metoda lookup table. Sehingga transisi pertama dari pit ke land atau land ke pit tidak lebih kecil dari 3P dan tidak lebih dari 11 P dimana P adalah 0,278 um. Hal ini disebut Eight-to-Fourteen Modulation ( EFM ). Sehingga jarak tiap pit bervariasi antara 0,833 sampai 3,054 um.

Tiap 14-bit kode dtambahkan 3 bit sinkronisasi dan low-frequency-suppression , sehingga untuk merepresentasikan 8-bit data audio dihasilkan 17 bit representasi pada CD. EFM dan bit sinkronisasi akan berfungsi agar sinyal rata-rata yang tersimpan pada CD tidak memiliki komponen DC. Semua data pada CD diorganisasikan kedalam frame dimana tiap satu frame data mengandung 24 byte sinyal data audio ( 6 samples dari L+R pada 16 bits ) dan 8 bits informasi yang digunakan untuk encode informasi seperti time, track, index dll.

ISebuah blok yang terdiri dari 98 frame merupakan unit terkecil yang dapat diakses pada sebuah audio CD dan memakan waktu sekita 1/75 detik. Diantara tiap frame ditambahkan 2 bit informasi yang disebut P dan Q. P berfungsi sebagai sinkronisasi global yang mengindikasikan start dan end dari sebuah selections. Sementara 98 Q bit merupakan encode dari waktu,track dan nomor index dll.

Informasi pada CD direkam pada kecepatan linear yang konstan - Constant Linear Velocity ( CLV ). Bila sebuah CD audio memiliki kecepatan 1X maka CLV bernilai 1,2 meter perdetik.Terdapat buffer RAM didalam player dimana buffer ini menggunakan metoda FIFO untuk menghaluskan pembacaan data dan juga sebagai penyimpanan temporer untuk proses decoding dan koreksi error.

CD ukuran 12 cm memiliki kurang lebih 20.000 track selama 74 menit pemutaran musik. Proses pembacaan data merupakan suatu proses yang harus memiliki ketelitian yang sangat tinggi.

Pembacaan data menggunakan sinar laser yang difokuskan pada CD. Fokus sinar laser harus memiliki ketelitian tidak boleh lebih besar dari 0,5 um. Suatu nilai ketelitian yang luar biasa terutama bila dikaitkan dengan produksi massalnya pada tahun 1970.

Tidak ada komentar: