google addsense

Rabu, 13 Februari 2008

STRUKTUR DISKET

Floppy disk atau yang disebut dengan disket merupakan media penyimpan informasi digital dengan kapasitas beberapa megabyte.

BAGIAN BAGIAN DISKET

1. Write-protect notch

Menentukan apakah isi diket dapat dimodifikasi atau tidak.

2. Disk-hub

Bagian dari disket yang digunakan oleh disk drive untuk memutar disket agar melewati head.

3. Disk-jacket

Bagian dari disket yang akan emlindungi disket dari debu, sentuhan tangan dan hal lain yang dapat merusak disket.

4. Read/Write opening

Bagian dari disket untuk menentukan apakah read-write head dari disk drive dapat mengakses isi disket.

5. index hole

Bagian dari disket untuk menyediakan mekanisme timing bagi floppy disk controller. Bila kontroller melihat index hole maka ia akan mengetahui orientasi posisi disket dan lokasi penyimpanan data pada disket.

Area informasi pada disket terbagi menjadi beberapa track. Dimana Setiap track akan terdiri dari sektor. Ukuran sektor pada DOS adalah 512 byte.

Pada waktu disket di format maka DOS akan membagi ruang disket sebagai berikut

1. Boot Record

Boot Record terletak pada sector pertama dari setiap disket DOS ( sisi 0, track 0, sector 1). Boot record memiliki panjang data sebesar 1 sector (512 byte). Fungsi utama dari boot record adalah untuk memulai proses boot DOS dan untuk menentukan karakteristik disket.
Boot record akan dibaca pertama kali dan dieksekusi oleh ROM-BIOS pada proses booting.

2. File Allocation Tabble (FAT)

DOS mengawasi sector yang telah digunakan , belum digunakan dan yang rusak. Mekanisme pengawasan menggunakan sebuah tabel pencatatan data yang disebut FAT. FAT biasanya terletak pada sector 2 dan sector 3 dari suatu disket. Jika FAT mengalami kerusakan maka dapat dipastika sebagian atau keseluruhan informasi yang tersimpan di disket akan rusak.

3. Root Directory Entry

Root Directory Entry merupakan suatu area pencatatan lokasi sebuah file data pada disket. Apabila DOS akan mengakses file pada disket maka yang pertama kali dilakukan ialah mencari file tersebut pada root directory. Begitu pula apabila file akan dihapus maka DOS akan mengubah statur file pada root directory.

Tidak ada komentar: