google addsense

Selasa, 12 Februari 2008

CARA MENGATASI DENGUNG PADA PERALATAN ELEKTRONIKA

Penyebab sumua dengung adalah kenyataan bahwa jaringan listrik umum 220 v mengandung arus dengan frekuensi 50 hz. Frekuensi ini dapat ditularkan dengan berbagai cara ke lingkungan sekitarnya antara lain :
1. Secara induksi
2. kapasitas ( melalui medan listrik)
3. gelombang elektromagnetik.

Akibat dari hal diatas yaitu setiap bahan pengantar yang ada didekat jaringan listrik akan memiliki dengung. Pencegahan dapat dilakukan terhadap sumber dengung yang terdekat dari peralatan elektronika.

TRAFO

Medan hamburan dari trafo biasanya tidaklah kecil . Hal ini dapat menginduksi tegangan dengung ke semua kawat yang ada disekitarnya. Karena itu semua kabel sinyal tidak boleh berada didekat trafo. Penempatan kabel harus memperhatikan arah medan listrik dari trafo.
Untuk meminimalisir efek medan yang dihasilkan trafo maka trafo dapat diletakkan dalam suatu tabir penghalang yang terbuat dari logam .

RANGKAIAN PENYEARAH

Sinyal dengung dapat muncul dari output rangkaian penyearah. Untuk menghilangkannya maka pada rangkaian penyearah digunakan filter frekuensi rendah. Filter dapat dibuat secara sederhana dengan menambahkan kapasitor pada output rangkaian penyearah dengan nilai minimal 2200 uF. Untuk lebih efektif maka dapat digunakan IC penyearah tipe 78xx atau 79xx agar didapat hasil yang lebih baik.

1 komentar:

momo mengatakan...

selamat sore,

saya pernah mencoba menggunakan power inverter dengan merubah tegangan dari aki 12V- 30 Amper menjadi listrik 220v dan menghubungkannya langsung ke stop kontak jaringan rumah (dengan mematikan mcb pln sebelumnya). pada saat menghubungkan ke stop kontak, saya hanya mengaktifkan lampu rumah saja. pada saat inverter di hidupkan, lampu rumah menyala, tetapi terdengar suara dengungan kecil di saklar lampu rumah, ketika saklar di off kan, dengungan berhenti.pertanyaannya, apakah hal tsb berbahaya jika di abaikan saja (dengungan tsb)? atau apakah ada cara untuk menghilangkan dengungan tsb?

terimakasih.