google addsense

Selasa, 12 Februari 2008

PRINSIP OPTICAL PICKUP

Tujuan dari optical pickup pada sebuah CD player ialah untuk mengambil data digital audio dari bentuk pit yang terdapat pada lapisan informasi dari sebuah CD. Pada sebuah CD player aliran data yang dihasilkan akan dikonversi menjadi sinyal audio kualitas tinggi. Sementara pada CD-ROM akan didapat data program ataupun data aplikasi lain.

Pembacaan data dari sebuah CD menggunakan komponen utama berupa sinar laser yang berkekuatan beberapa mW dan beberapa miligram circuit elektronik. Sistem servo yang kompleks digunakan untuk memfokuskan sinar laser pada area yang diinginkan. Data dibaca dengan mendeteksi perbedaan kedalaman dari pit dan land yang sebesar 1/4 panjang gelombang sinar laser ( 0,15 um ).

Sinar laser dihasilkan dari sebuah dioda laser solid state dengan panjang gelombang 780 nm dengan daya beberapa mW. Grating akan menghasilkan berkas sinar yang banyak dengan cara difraksi berkas yang datang. Berkas akan ada dua macam yaitu berkas sinar utama dan berkas sinar sisi. Berkas sinar sisi digunakan untuk melacak track yang akan dibaca. Motor servo akan menjaga agar posisi track yang dibaca sesuai dengan yang diinginkan dengan cara mendeteksi berkas sinar sisi yang dipantulkan agar amplitudonya seimbang antara sisi kiri dan sisi kanan.

Berkas laser akan melewati polarising beam splitter ( sebuah prisma yang akan memantulkan sinar pantul ke photo diode array ), sebuah collimating lens, dan Quarter wave flats, sebuah lensa objektif sebelum akhirnya mencapai disc.

Collimating lens akan mengkonversi berkas divergen sinar dari laser menjadi berkas yang paralel . Lensa Objektif sangat mirip fungsinya dengan lensa objecktif dari mikroskop. Lensa ini ditempatkan pada sebuah media yang dapat digerakkan oleh actuator yang bekerja seperti coil pada loudspeaker. Magnet permanen akan menyediakan medan magnet tetap untuk coil. Actuator akan menggerakkan lensa naik turun agar berkas laser dapat terfokus dengan baik

Berkas sinar laser akan melalui lensa objektif lalu akan mengenai pit pada CD . Pit akan memantulkan sinar laser. Sinar pantulan akan melewati jalur yang sama dengan saat akan menuju pit. Ketika sinar pantulan mencapai polarizing beam splitter , sinar ini dipantulkan ke photodiode array. Cylindrical lens akan mengatur berkas sinar pantul agar berbentuk lingkaran pada photodioda. Berkas sinar pantul akan tepat berbentuk lingkaran bila lensa objectif dalam posisi yang tepat. Posisi yang tidak tepat akan mengakibatkan berkas berbentuk elips pada photodiode array.

Sebagai gambaran yang umum, optikal pickup pada CD player seperti sebuah mikroskop yang dapat dikontrol untuk melihat suatu object yang berukuran 1/20 sel darah merah manusia yang bergerak dengan kecepatan 1,2 meter per detik.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

THANK BGT PAK SUSENO, SAYA DPT BYK MSUKAN , SMOGA LEBIH DIKEMBANGKAN LAGI,

Syifa Arafah Tosalili mengatakan...

Oh jadi ini fungsinya optical pick up yg saya buat ditempat kerja saya