google addsense

Selasa, 12 Februari 2008

Dial Telepon

Terdapat dua tipe “dial” yang digunakan diseluruh dunia. Tipe pertama yaitu pulse, loop disconnect, atau rotary. Tipe ini telah digunakan sejak tahun 1920. Tipe yang lain , yang lebih modern disebut Touch-tone, Dual Tone Multi-Frequency (DTMF) atau Multi-Frekuensi (MF) di Eropa.

Cara kerja tipe pulsa ialah dengan cara memutuskan saluran telepon dengan interval waktu tertentu. Standard Amerika Serikat ialah 1 sinyal pulsa per digit, jadi bila mendial nomor “1” , pesawat telepon akan memutuskan saluran telepon satu kali. Bila mendial nomor “7” maka pesawat telepon akan memutuskan saluran telepon 7 kali. Bila mendial “0” maka pesawat telepon akan memutuskan saluran telepon sebanyak 10 kali.

Interval antara pulsa bervariasi antara 8 s/d 20 pulsa per detik. Perlu anda perhatikan bahwa tegangan saluran pada saat mendial pulsa dapat naik mencapai 300 volt , hal ini disebabkan tegangan transient dari rangkaian.

Touch-tone merupakan bentuk dial yang lebih modern. Memiliki keunggulan lebih cepat dan memiliki error yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan dial pulsa.Keunggulan lainnya yang lebih utama ialah bahwa sinyal dial tone dapat merambat lebih jauh bila dibandingkan dengan dial pulsa dimana dial tone sinya dapat merambat melalui media lain yang lebih luas jangkauannya seperti gelombang microwave sementara dengan dial pulsa hanya sebatas di local exchange setempat.

Bell Labs mengembangkan DTMF dengan tujuan untuk mendapatkan sinyal dial yang dapat merambat pada media microwave dan dapat bekerja pada terminal kontrol komputer. Tiap digit dial yang ditransmisikan mengandung dua sinyal audio yang dicampur . Tiap digit memiliki kombinasi sinyal audio yang berbeda.

Tidak ada komentar: