google addsense

Selasa, 12 Februari 2008

Speech Network

Speech Network dikenal dengan nama “hybrid” atau jaringan dua/empat kabel. Sistem ini mengambil sinyal yang datang dari saluran telepon dan mengumpankannya ke earphone dan mengambil sinyal dari microphone dan mengumpankannya ke saluran telepon. Jaringan telepon yang umum digunakan di seluruh dunia ialah menggunakan komponen LC dan mikrofon karbon. Untuk telepon jenis terbaru menggunakan trasistor diskrit atau IC.

Salah satu keuntungan dari digunakannya komponen LC ialah komponen tidak terlalu memperhatikan sensitivitas tegangan dan dapat bekerja secara kontinyu selama pada jaringan terdapat tegangan. Sementara pesawat yang menggunakan komponen transistor / IC akan berhenti bekerja bila tegangan catu daya mendekati 3 - 4 volts.

Bila pesawat telepon sedang digunakan maka tegangan saluran telepon akan turun dari 48 Volt menjadi 9 s/d 3 volt . Tergantung jarak loop telepon. Bila ternyata pada saluran telepon dipasang telepon secara paralel maka tegangan drop akan lebih rendah lagi.

Kuat lemahnya sinyal yang terdengar tergantung dari besarnya impedansi total dari saluran telepon. Semakin besar impedansi saluran telepon maka akan semakin lemah sinyal yang ditransmisikan. Hal ini akan membuat suara yang terdengar akan lemah . Bila impedansi saluran telepon rendah maka sinyal yang ditransmisikan akan kuat. Hal ini membuat suara yang terdengar akan lebih keras.

Besar kecilnya impedansi saluran tergantung dari jarak pesawat telepon ke sentral telepon. Hal ini menimbulkan konsekuensi bahwa keras lemahnya suara yang terdengar tergantung dari jarak antara pesawat telepon ke sentral telepon.

Hal ini menimbulkan masalah karena jarak pesawat telepon kesentral bervariasi. Keras lemahnya suara yang terdengar menjadi bervariasi . Untuk mengatasi hal ini maka diterapkan metoda yang disebut “loop compensation”. Di Amerika serikat digunakan komponen silicon carbide varistor untuk menerapkan metoda ini.

Tidak ada komentar: