google addsense

Kamis, 12 Agustus 2010

Gaji Dalam Dunia IT

Bagi para pekerja IT khususnya bidang software gaji merupakan salah satu unsur magnet dalam menekuni bidang ini. Begitu pula dengan pengalaman pribadi dari penulis. Saat dari mahasiswa gaji dari pekerja IT merupakan salah satu hal yang menjadi pertimbangan.
Ada hal menarik yang mungkin perlu diperhatikan mengenai gaji para pekerja IT yaitu gaji pekerja IT itu bervariasi dari yang nominalnya kecil ( Fresh Grad programmer ) sampai yang nominalnya besar ( CIO ).

Dari pengalaman dan info yang didapat penulis ada beberapa job desk dari pekerja IT yaitu :
1. Programmer (P)
2. System Analyst (SA)
3. Business analyst (BA)

Business Analys memiliki fungsi untuk menerjemahkan ide atau target dari para pemilik perusahaan kepada para pekerja/staff agar ide dan target tersebut dapat diimplementasikan dengan baik. Ide dan target ini akan disusun dalam suatu proses bisnis yang berkesinambungan. Pada umumnya proses bisnis ini akan disusun dalam suatu bentuk yang baku menjadi SOP (Standar operasi prosedur). Untuk skala internasional bentuk baku ini menjadi ISO.
Business analis akan menyusun proses proses dan mengoptimalkan proses beserta sumber daya yang ada di suatu perusahaan agar ide dan target dari pemilik perusahaan dapat tercapai.

System analis memiliki fungsi kerja untuk menerjemahkan proses atau SOP dari suatu perusahaan kedalam suatu bentuk Sistem Informasi yang melibatkan berbagai teknologi informasi seperti hardware dan software. Setiap proses akan dianalisa mana yang dapat diterapkan dan mana yang tidak dapat diterapkan untuk setiap solusi teknologi informasi. Kewajiban dari sistem analis ini salah satunya memilih jenis teknologi informasi yang tepat guna dengan biaya seminimal mungkin.

Programmer memiliki fungsi kerja untuk menerjemahkan suatu proses kedalam bentuk software. Programmer akan menyusun kode program yang merupakan hasil terjemahan dari proses yang berlangsung. Tugas dari programmer yaitu menyusun suatu program yang efektif dan cepat dalam menjalankan suatu proses.

Dari berbagai informasi di internet dan milis IT muncul pro dan kontra mana gaji yang seharusnya lebih besar.
Apakah BA gajinya lebih besar dari SA ? ataukah sebaliknya ?
Ada beberapa pendapat yang mengatakan bahwa BA memang sewajarnya digaji besar karena untuk mendapat kemampuan selevel BA butuh waktu yang panjang . Atau SA yang seharusnya lebih besar karena kemampuan teknis yang dikuasai luas mencakup berbagai bidang.

Gaji merupakan suatu reward dari pemilik perusahaan terhadap staff nya.
Reward ini nilainya bervariasi tergantung kontribusi staff terhadap proses bisnis perusahaan tersebut. Jadi SA bisa saja gajinya lebih besar dari BA atau pun kebalikannya.
Hal ini sangat penting terutama bagi para fresh grad dalam menentukan karir masa depannya yaitu bila menginginkan suatu pendapatan besar maka kontribusi terhadap perusahaan harus besar pula.

Tidak ada komentar: